Sejarah Internet Dan Perkembangannya Sampai Sekarang

sejarah internet
Internet merupakan faktor utama yang membuat perkembangan teknologi informasi meningkat pesat di dunia. Karena dengan adanya internet siapa saja bisa memperoleh berbagai informasi penting dengan mudah. Namun, bagaimanakah sejarah internet tersebut.

Mari kita simak!

Internet, Apa Itu?

Secara umum, internet dikenal dengan jaringan komunikasi yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan data serta informasi kepada pihak lain dengan mudah dan cepat. Data serta informasi ini dapat dikirim dan diterima melalui perangkat yang digunakan.

Internet ini awalnya adalah produk dari ARPA (Advanced Research Project Agency) milik Departemen Pertahanan Negara Amerika Serikat. Internet biasanya menggunakan teknologi TCP (Transmission Control Protocol). Selain itu, terdapat juga istilah internetworking yang dapat menghubungkan berbagai jaringan yang ada di dunia.

Internet saat ini berkembang sangat pesat jika dibandingkan beberapa dekade lalu. Sekarang, internet ini digunakan hampir di semua lini kehidupan seperti pendidikan, ekonomi, politik, pekerjaan dan lainnya. Jadi, internet ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi umat manusia. 

Sejarah Internet Pada Awalnya

jaringan internet

Pada awalnya internet adalah jaringan komputer yang dibuat badan militer lebih tepatnya Departemen Pertahanan Negara Amerika Serikat tahun 1969. Internet awalnya dibuat berdasarkan proyek yang bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) oleh lembaga ARPA. Jika ditelaah lebih jauh pengembangan internet ini memiliki hubungan dengan perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia dahulu.

Krisis ataupun peperangan memiliki peran dalam perkembangan teknologi termasuk internet

Jaringan komputer ini dibuat dengan tujuan untuk menghubungkan berbagai daerah vital dengan bantuan komputer sehingga jaringan informasi mudah dibentuk. Selain itu, jaringan ini dibuat untuk memudahkan informasi akan serangan nuklir sekaligus menghindari informasi yang terpusat sehingga mudah dihancurkan ketika terjadi perang.

Selain digunakan untuk memudahkan informasi dikalangan militer, ternyata ARPANET ini juga digunakan untuk bidang pendidikan. Karena jaringan ini menghubungkan 4 website yang dimiliki oleh University of Utah, Santa Barbara, Stanford Research Institute dan University of California.

Kemudian, ARPANET diperkenalkan secara luas pada Oktober 1972 dan jaringan ini digunakan hampir di seluruh universitas di Amerika Serikat. Namun, ARPANET mulai kesulitan untuk mengaturnya sehingga dipecahlah menjadi dua yaitu MILNET (khusus untuk militer) dan ARPANET (untuk non militer). Gabungan dua jaringan ini dikenal sebagai DARPA Internet dan pada akhirnya menjadi internet.

Teknologi Pencetus Internet


Internet ini tentu tidak muncul begitu saja. Namun, terdapat beberapa hal yang mempengaruhinya sehingga teknologi internet ini mendapatkan pengaruh dari para pendahulunya. Sejarah internet yang identik dengan sistem komunikasi berbasiskan digital dimulai ketika dikenalnya sistem telegraf pada tahun 1809.

Telegraf menggunakan media elektromagnetik seperti kabel ataupun radio untuk mengirimkan pesan dalam bentuk data. Konsep inilah yang digunakan pada komputer pada awalnya. Namun, terdapat masalah dimana perangkat yang dapat dihubungkan hanya dua saja.

Beberapa dekade sebelumnya sekelompok ilmuwan yang terdiri dari Harry Nyquist, Ralph Hartley dan Claude Shannon mengembangkan teori yang intinya mengirimkan data serta informasi namun dengan jangkauan yang lebih luas serta lebih cepat dari telegraf. Walaupun demikian, hal ini memiliki kekurangan karena membutuhkan kabel untuk menghubungkan perangkat yang ada. Karena, pada saat perang sistem ini menjadi tidak praktis.

Kemunculan internet tidak lepas dari konsep telegraf yang telah eksis hampir seabad sebelum adanya internet tersebut

Sekitar tahun 1960-an dilakukan berbagai penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi jaringan yang baik dan tahan jika terjadi perang nuklir. Karena pada waktu itu ketegangan antara Amerika Serikat dan Rusia cukup tinggi. Selain itu, terdapat perkiraan perang nuklir akan terjadi.

Banyak ilmuwan melakukan penelitian tersebut baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Beberapa hasil penelitian mereka adalah berusaha menghubungkan sistem jaringan dengan departemen pemerintahan dan lainnya. Selain itu terdapat message-block yang mampu mengentaskan masalah kerentanan struktur pada sistem jaringan.

Message block ini kemudian diterapkan di ARPANET sekaligus mengenalkan software dan hardware komputer yang berbasiskan UNIX. Lambat laun, ARPANET dirilis untuk umum sehingga semua pihak bisa menggunakannya. Pada akhirnya sistem jaringan ARPANET ini dikenal di dunia sebagai internet.

Sejarah internet ini kemudian berkembang terus sampai saat ini. Bahkan teknologi yang ada sekarang banyak disinkronkan dengan internet sehingga Anda bisa menikmati layanan berbagai platform dalam perangkat yang berbeda-beda.

Baca juga sejarah berikut ini;


Perkembangan Internet di Dunia


Sejarah internet di dunia terus mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan, saat ini memiliki peranan yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Pada beberapa lini pekerjaan justru tidak bisa lepas dari internet tersebut. Contohnya saja social media marketing ataupun internet marketing. Dua jenis pekerjaan ini tidak ada di masa lalu. Namun, dengan adanya internet dan berbagai perkembangan yang ada mampu memunculkan berbagai lini pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Internet mengalami perkembangan yang pesat dan kebutuhan masyarakan akan internet semakin meningkat dari tahun ke tahun


Namun, perkembangan ini tidak terjadi begitu saja. Butuh perjuangan dan usaha para ahli sehingga internet bisa menjadi seperti sekarang ini. Jika dilihat secara sederhana maka perkembangan internet dapat Anda pahami dari infografis di bawah ini.

sejarah internet
https://www.sekolahpendidikan.com/2017/12/sejarah-perkembangan-internet-dari-awal.html


Dari gambar di atas, Anda bisa melihat bagaimana perkembangan internet yang paling mencolok pada tahun tersebut. Namun, kejadian paling fenomenal tentang internet justru terjadi pada beberapa tahun berikut ini yaitu:

  • 1958, dimana ARPA dibentuk dan akhirnya menelurkan ARPANET yang menjadi cikal bakal internet.
  • 1961, dimana konsep pengiriman data di dalam jaringan komputer terbentuk. Hal ini berkaitan dengan konsep packet switching yang masih digunakan sampai saat ini.
  • 1969, ARPANET muncul dan dapat digunakan oleh publik.
  • 1971, surat menyurat elektronik mulai diperkenalkan oleh Ray Tomlinson dan dialah orang pertama yang melakukan pengiriman email di dunia.
  • 1974, istilah internet diperkenalkan di dunia oleh Bob Kahn dan Vint Cerf yang menggambarkan sebuah jaringan pada komputer. Karena hal ini, kedua orang tersebut kemudian dikenal sebagai Bapak Internet Dunia sampai saat ini.
  • 1976, jaringan LAN (local area network) diciptakan sehingga pengiriman data dan email menjadi lebih cepat untuk perangkat komputer yang berdekatan. Biasanya jaringan ini menggunakan kabel sebagai media penghubung antar perangkat komputer.
  • 1982, munculnya protokol dasar internet yang dikenal dengan TCP/ IP. TCP (transmission control protocol) dan IP (internet protocol) yang berguna dan bisa digunakan untuk membangun jaringan. Kemudian dari protokol ini muncul jaringan WAN (wide area network) dengan jangkauan yang lebih baik dan luas daripada LAN.
  • 1983, mulai dikenal DNS (domain name system) yang digunakan sampai saat ini. DNS ini biasa dikenal sebagai .com, .co.id, .gov, .int, dan lainnya. DNS ini memiliki penggunaan yang berbeda. Oleh karena itu, situs pemerintah, komersial, pendidikan dan lainnya dapat dibedakan dari DNS tersebut.
  • 1991, istilah WWW (world wide web) dikenalkan di dunia. Hal ini dapat terjadi karena sebelumnya telah muncul teknologi Hypertext. Pada tahun yang sama juga, mulai dikenal istilah virus komputer yang tersebar luas di internet.
  • 1993, mulai muncul broadcast radio pertama di dunia.
  • 1994, mulai dibentuknya berbagai marketplace yang sangat berpengaruh di dunia. Sejarah internet akan selalu mengingat bahwa pada tahun tersebut muncul Amazon.com, eBay dan lainnya. Berbagai situs toko online tersebut berkembang pesat dan menjadi cikal bakal toko online di dunia.
  • 2001-2003, munculnya 3G pada telepon seluler sehingga pengguna handphone dapat mengakses internet dengan mudah. Namun, biayanya cukup mahal karena menggunakan pulsa untuk setiap penggunaan data yang diakses.
  • 2004, munculnya website sosial media pertama yaitu Facebook.
  • 2005, hadirnya platform berbagi video yaitu YouTube. Pada tahun-tahun berikutnya muncullah berbagai sosial media seperti Path, Instagram dan lain-lain.
  • 2008, munculnya android yang bisa digunakan untuk akses internet. Merek pertama yang memakai OS android ini adalah HTC yang kemudian diikuti merek lainnya pada tahun-tahun berikutnya. Namun merek paling booming untuk penggunaan OS android adalah Samsung.
  • 2010, kru astronot di Stasiun Luar Angkasa (ISS) dapat mengakses internet.
  • 2011 dan seterusnya, pengguna internet terus bertambah dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Dan, hal ini masih terus bertambah sampai saat ini.

Sejarah internet ini tentunya lebih kompleks daripada yang dilihat. Namun, daftar yang ada di atas menunjukkan bagaimana perkembangan internet serta perannya pada tatanan masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet memang memiliki manfaat yang besar bagi manusia.

Namun, di lain sisi internet juga dapat memberikan dampak buruk bagi manusia. Karena, jika terkena virus komputer maka data penting yang tersimpan pada perangkat komputer dapat rusak atau bahkan dicuri oleh para hacker.

Sejarah Internet dan Perkembangannya di Indonesia

sejarah internet

Perkembangan sejara internet di Indonesia dimulai pada tahun 1997, dimana salah satu media cetak ternama di Indonesia mulai membuat situs berita online. Padahal pada masa itu, koran fisik masih sangat laku di masyarakat. Mulai pada tahun tersebut, bermunculanlah berbagai situs berita online, blog dan berbagai platform yang bisa digunakan.

Jika diperhatikan, masuknya internet di Indonesia cukup terlambat jika dibandingkan pada negara maju. Hal ini wajar terjadi karena butuh waktu dan modal yang besar untuk mempersiapkan infrastruktur yang sesuai sehingga jaringan internet dapat masuk di Indonesia.

Namun, ketika perkembangan internet ini terus meningkat dari tahun ke tahun setelah itu. Hal ini diprediksi akan terus bertambah ke depannya.

Sejarah internet di tanah Nusantara tentu tidak sepanjang di Amerika Serikat. Namun, hal ini tetap wajib untuk diketahui para generasi penerus bangsa.

Jika ditelaah secara rinci maka internet di Indonesia mulai masuk pada tahun 1988 dengan IP pertama yang terdaftar adalah milik UI-Netlab. Setelah itu, internet berkembang dengan pesat dalam kurun waktu yang singkat.

Setelah kepemilikan IP ini, berbagai pihak mulai memberikan pelayanan internet. Salah satunya adalah internet service provider di Indonesia yang awalnya dipegang oleh IndoNet. Fitur yang ada juga cukup sederhana yaitu kirim email, browser lynx dan chatting conference. Setelah itu pemerintah memberikan izin untuk ISP yang ada.

Pada tahun 1995, mulailah bermunculan beberapa ISP yang memakai browser Lynx di Amerika Serikat. Pada tahun ini user dalam negeri bisa mengakses internet dengan mudah walaupun kecepatan aksesnya cukup lambat. Kemudian bermunculan berbagai teknologi internet seperti modem, Wi-Fi dan lainnya sehingga akses internet menjadi lebih mudah, murah, cepat dan nyaman.

Perkembangan teknologi internet menjadi faktor utama membludaknya jumlah pengguna internet dalam negeri. Hal ini diikuti dengan banyaknya warung internet, kepemilikan pc di rumah-rumah warga, munculnya laptop, smartphone, hotspot dan lainnya.

Semua perangkat dan teknologi yang ada membuat user dalam negeri semakin bergantung kepada internet. Menurut data tahun 2016, terdapat pengguna internet dengan total mencapai 132,7 juta yang berarti lebih dari 50% warga Indonesia memakai internet pada tahun tersebut.

Jumlah ini justru meningkat pada tahun 2019 menjadi 143,26 juta user. Dari data tersebut, Indonesia memiliki peringkat kelima dengan pengguna internet terbanyak di dunia.

Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbesar di dunia 

Peran Internet 

Sejarah internet yang panjang di dunia tentu memberikan berbagai manfaat yang baik bagi warga dunia. Tentunya internet ini juga memiliki peran besar dalam pembangunan baik itu di tingkat individu ataupun nasional bergantung dari cara memanfaatkannya. Namun, internet memiliki banyak peran yang bisa dimanfaatkan, seperti:

  • Memudahkan akses informasi. Informasi ini cukup beragam bisa untuk pendidikan, bisnis, politik, ekonomi dan lainnya sesuai dengan kebutuhan user masing-masing.
  • Meningkatkan perekonomian. Dengan adanya toko online maka setiap orang bisa melakukan bisnis secara online dengan mudah dan minim biaya. Jika hal ini digalakkan maka perekonomian warga akan meningkat dengan drastis. Bahkan, Anda bisa melakukan jual beli dari dan ke luar negeri dengan mudah.
  • Memudahkan pekerjaan. Keberadaan internet juga dapat memudahkan berbagai pekerjaan. Minimalnya Anda dapat menghubungi orang lain dengan mudah melalui email. Bahkan saat ini muncul berbagai software seperti Google Meet ataupun Zoom yang memungkinkan untuk dilakukannya tatap muka secara online dari berbagai penjuru dunia.
  • Transparansi. Internet juga mendukung entitas bisnis dan pemerintah untuk berlaku jujur dengan cara memberikan data yang dibutuhkan masyarakat di website atau badan statisktik nasional. Data ini haruslah dibuat dengan jujur sehingga transparansi entitas perusahaan ataupun pemerintah terjaga dengan baik.
  • dll

Kelebihan dan Kekurangan Internet

plus minus
Internet tentu sangat bermanfaat bagi manusia. Namun, internet ini memiliki kelebihan dan kekuragannya masing-masing. Jadi, Anda harus mempertimbangkan hal ini dengan baik. Contoh kelebihan dan kekurangannya antara lain:

Kelebihan

  • Mempercepat penyebaran informasi dan data
  • Biaya yang ada relatif lebih murah daripada memakai surat fisik
  • Perangkat pendukung banyak tersedia
  • Mudah menemukan spot Wi-Fi di berbagai tempat terutama di kota yang menerapkan smart city
  • Mudah menemukan hiburan serta teman secara online
  • Memudahkan berbagai kebutuhan seperti belanja, bayar tagihan dan lainnya
  • Tempat untuk bertukar ataupun menyimpan data di email, cloud dan lainnya
  • dll

Kekurangan 

  • Data yang berada di internet bisa dicuri oleh hacker sehingga merugikan para user
  • Beberapa situs atau forum internet menjadi tempat untuk berkembangnya kegiatan ilegal
  • Bisa memberikan dampak buruk bagi anak secara psikis atau fisik
  • Berkurangnya sosialisasi
  • Dapat meningkatkan perilaku kekerasan atau gore bagi para user
  • dll

Sejarah internet yang panjang tentunya memiliki dampak besar bagi kehidupan manusia. Walaupun demikian, gunakanlah internet dengan bijak sehingga kehidupan Anda menjadi lebih baik dengan internet dan bukan sebaliknya.