Sejarah Capsa Susun di Eropa


Sejarah permainan capsa susun memanglah beragam. Ada banyak catatan sejarah yang menyebutkan bahwa permainan ini muncul di China. Ada pula yang menyebutkan daerah lain.

Menurut sejarawan permainan kartu dunia, permainan capsa susun merupakan hasil evolusi dari permainan gembala Asia Barat. Saat itu permainan ini dimainkan dengan menggunakan alat permainan catur dan kerikil.

 Meski ada pendapat ahli lain bahwa permainan ini merupakan evolusi dari ritual berkomunikasi dengan dewa.

Cara berkomunikasi dengan Tuhan itu unik karena menggunakan 4 buah tongkat atau anak panah dengan simbol-simbol tertentu. Kemudian lemparkan 4 batang kayu ke atas altar yang telah disiapkan.

Tongkat yang jatuh di altar pertama kali diartikan oleh orang-orang beriman sebagai perintah ilahi. Karenanya, jangan heran jika menyebut capsa susun sebagai permainan ritual keagamaan.

Kartu Pertama di Eropa, Kartu Tarot asal Mula Capsa Susun

Kartu pertama di Eropa disebut kartu Tarrochi di Italia. Kartu tarot diperkenalkan kepada masyarakat sebagai sarana meramal. Kartu tarot tertua ditemukan di Lombardy pada tahun 1470, dengan total 50 kartu.

Kemudian bagi semuanya menjadi 5 kelompok. Permukaan kartu-kartu ini menggambarkan tema alegoris atau mitologis, yang mengusung semua aspek kehidupan dunia.

Jumlah kartu tarot juga bertambah menjadi 78 atau lebih dikenal dengan Venetian Tarot. Dari kartu ini, banyak orang yang mengenal pelopor kartu remi yang digunakan dalam permainan "anggar".

Apa Itu Permainan Capsa Susun

Permainan Capsa susun merupakan sebuah permainan kartu yang dimainkan dengan menumpuk kartu dalam 3 tingkatan. Jumlah kartu di setiap level berbeda-beda, dan jumlah kartu yang diperoleh setiap pemain adalah 13.

Ada 3 kartu di lapisan atas, dan 5 kartu di lapisan tengah dan bawah. Pemenang dari permainan ini ditentukan dari kartu dari setiap level yang telah diundi.

Selain itu, permainan capsa juga menghitung setiap set kartu yang disusun menjadi satu.

  • Rumah lengkap di kolom tengah bernilai 3 poin

  • Empat kolom kelas bawah bernilai 7 poin.

  • Keempat kolom kelas menengah bernilai 14 poin.

  • Kolom tangga lurus bawah bernilai 9 poin

  • Kolom rata-rata tangga lurus bernilai 18 poin

  • Kolom Royal Flush yang lebih rendah bernilai 11 poin.

  • Kolom tengah Royal Flush bernilai 22 poin.


Bilah atas hanya berisi 3 huruf, dengan beberapa pengecualian. Di kolom ini, jika Anda mendapatkan kombinasi tiga poin, Anda akan mendapatkan 5 poin. Jika kartu yang didapat merupakan kombinasi dari kartu yang disusun dalam 13 seri maka disebut kartu dragon 208 poin.Dengan berbagai aturan di dalamnya, capsa susun ini menjadi salah satu pilihan permainan yang menyenangkan untuk dimainkan bukan?