Sejarah Instagram, Sosial Media Terpopuler di Dunia Saat Ini

Kevin Systrom (kanan) dan Mike Krieger
Instagram saat ini, merupakan sosial media yang paling banyak digandrungi masyarakat. Itu terjadi untuk segala usia. Tua muda, pria dan wanita. Mengapa? Karena Instagram memiliki serangkaian fitur yang menarik serta mudah digunakan. Namun, bagaimanakah sejarah instagram ini pada awalnya?

Sebagai aplikasi yang paling ramai digunakan di dunia, tentu saja Instagram tidak hadir begitu saja. Melainkan terdapat kisah atau sejarah yang mewarnai perjalanan aplikasi ini. Hal ini tentu penting diketahui, agar para pengguna Instagram mengenal bagaimana kisah dari aplikasi yang fenomenal ini. Setidaknya, untuk menjadi inspirasi Anda.

Sebelum mengetahui bagaimana sejarah Instagram, Anda perlu memahami apa itu sosial media. Jika dimaknai secara sederhana maka sosial media merupakan media yang digunakan untuk bersosialisasi kepada orang lain dimana media yang dipakai memakai internet.

Karena tujuannya adalah sosial, maka media yang dipakai haruslah mudah diakses oleh setiap orang. Sosial media dikenal pertama ketika ditemukannya telegraf pada tahun 1844. Walaupun demikian, banyak pihak yang membantah hal ini karena telegraf tidak memakai internet. Karena, sosial media sekarang pasti memakai jaringan internet tersebut.

Perkembangan internet dan komputer membuat sosial media berkembang lebih jauh. Hal ini diketahui dengan adanya website, software dan aplikasi pada smarthpone masing-masing. Semua ini bisa Anda akses dengan mudah dan digunakan dengan bebas. Bahkan sosmed ini menjadi media jejaring pertemanan yang digemari banyak pihak. Selain itu, medis sosial juga digunakan sebagai bagian dari campaign digital marketing perusahaan-perusahaan besar dunia.

Sosial media merupakan alat untuk berkomunikasi dengan orang lain

Pada awalnya sosial media hanya menjadi tempat untuk berbagai semata. Sedangkan fitur pertemanan virtual baru muncul beberapa tahun selanjutnya. Setidaknya terdapat beberapa sosial media yang paling booming di dunia selama ini, yaitu:

  • Six degrees, merupakan sosmed yang hadir pada tahun 1997 dengan fitur utamanya berupa pembuatan profil dan daftar teman.
  • Blogger dan Livejournal, hadir pada tahun 1999 dimana sosmed ini fokus pada sharing tulisan ataupun jurnal pada halaman akun masing-masing.
  • Friendster, hadir pada tahun 2002 dan termasuk yang booming di Indonesia pada waktu ini. Fitur sosial media berupa pembuatan dan pengaturan profil yang bisa dihubungkan dengan user lainnya di dunia. Namun, kebanyakan pengguna Friendster adalah remaja yang mengenal teknologi internet dengan baik ataupun mereka yang suka berbagi di halaman friendster-nya.
  • LinkedIn dan MySpace, muncul pada tahun 2002-2004 sebagai lanjutan dari Friendster. Karena, sosial media tersebut cukup laris maka dibuat sosmed lainnya namun fokus pada bagian tertentu. Contohnya saja LinkedIn untuk bisnis dan MySpace yang fokus pada musik dan entertainment.
  • Facebook, muncul pada tahun 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendiri utamanya. Sosial medianya booming dan cepat menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Pada waktu itu, Facebook menjadi salah satu sosial media berbasis web yang paling ramai dikunjungi. Karena, terdapat banyak fitur menarik seperti berbagai foto, video, chat langsung dengan teman, membuat postingan dengan bebas dan lainnya. Bahkan terdapat fitur untuk membuat grup sehingga mudah membentuk komunitas di sosial media tersebut.
  • YouTube, pada tahun 2005 muncul sosial media berbasiskan video dengan nama YouTube. Plarform ini terus berkembang dan menjadi alternatif tontonan selain siaran televisi.
  • Twitter, muncul pada tahun 2006 dengan fitur utama berupa microblogging. Karena, terdapat batasan kata yang bisa digunakan untuk setiap postinganya. Walaupun demikian, Twitter sangat digandrungi anak muda yang kristis saat ini.
  • Path dan Instagram, dua sosial media ini hadir pada tahun 2010. Fiturnya kurang lebih sama dimana user dapat membagikan foto dan memberikan komenter. Namun, Instagram memberika banyak fitur lain berupa share video, story dan lainnya. Namun, kepemilikan sosial media ini akhirnya jatuh ke Facebook pada tahun 2012. Sedangkan Path berhenti beroperasi pada tahun 2018.
  • Snapchat, hadir pada tahun 2011 dengan fokus pada share cerita video. Namun, video yang ada hanya dapat diakses dalam kurun waktu 24 jam saja.

Sejarah Instagram dan Perjalanan Pendirinya

Sejarah Instagram dimulai ketika dua lulusan dari Stanford University yang berada di Amerika Serikat menggagas platform media sosial original buatan mereka. Melalui gagasan mereka muncullah Burbn yang nantinya menjadi cikal bakal sosial media Instagram.

Dua sekawan ini bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger awalnya adalah karyawan di Twitter serta Google. Lambat laun sekawan ini memutuskan untuk membangun bisnisnya sendiri. Berbekal pengalaman mereka selama bekerja di dua platform terbaik di dunia, mereka akhirnya berhasil membuat Burbn.

Aplikasi ini berbasiskan lokasi dengan fitur tambahan berupa fotografi secara mobile. Jadi, dengan memakai aplikasi tersebut Anda bisa share foto yang ada sekaligus melakukan check in di lokasi yang dituju (mirip dengan Google Map sekarang).

Akan tetapi, salah satu pendiri (Kevin) berpikir bahwa aplikasi mereka terlalu mirip dengan Foursquare yang sudah terkenal sebelum Burbn diluncurkan. Mengetahui hal ini para pendiri melakukan perbaikan dan memutuskan agar aplikasi mereka fokus pada sosial media yang dapat membagikan foto dan video sekaligus meninggalkan likes dan comment di setiap fotonya.

Mengetahui posisi Burbn pada masa itu membuat Kevin dan Mike berpikir lebih jauh untuk mengembangkan aplikasi ini menjadi lebih baik.

Melalui pengembangan tersebut muncullah Instagram yang kemudian menjadi platform sosial media yang banyak dipakai banyak orang saat ini. Nama Instagram ini ternyata memiliki arti, dimana terdapat perpaduan kata “insta” yang berarti instan dan “gram” yang merupakan singkatan dari telegram. Jadi, dapat dipahami bahwa aplikasi ini digunakan untuk menyampaikan informasi dengan singkat.

Namun, informasi yang ada bukan berupa teks melainkan gambar, video atau infografis. Pesan dan tujuan aplikasi ini terpampang jelas pada logo aplikasi Instagram yang terbuat dari kamera polaroid. Kamera jenis ini sangat terkenal dapat menghasilkan foto dengan sekali jepret dan hasilnya akan keluar.

Walaupun logo Instagram telah berubah namun konsep kamera polaroidnya tetap dipertahankan. Hal ini menunjukkan bahwa platform ini digandrungi oleh berbagai kalangan dan aplikasinya tetap eksis sampat tahap ini.

Awal perilisan aplikasi ini dimulai pada tahun 2010 dan dapat diakses di App Store pada bulan Oktober di tahun yang sama. Namun, pada tahun 2012 aplikasi ini berpindah tangan ke Facebook. Pada tahun tersebut Instagram dibeli dengan harga mencapai $1 miliar. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk Instagram.

Setelah itu, dua pendiri Instagram menjadi bagian dari Facebook yang berperan mengembangkan Instagram menjadi lebih baik dengan berbagai fitur terbaru. Namun, pada tahun 2018 lalu Kevin dan Mike memutuskan untuk keluar dari Instagram serta Facebook dan akan menggunakan waktu luangnya untuk mencari hal baru yang berguna bagi masyarakat dunia dan lingkungan.

Walaupun kepemilikan Instagram sekarang berada di tangan Facebook dan kedua pendirinya telah hengkang dari perusahaan tersebut namun Instagram tetap eksis dan mengalami perkembangan yang pesat. Media sosial ini tidak hanya digunakan untuk berbagai dan entertainment, tetapi menjadi bagian dari campagin digital marketing berbagai perusahaan besar di dunia. Karena, ratusan juta user Instagram merupakan pangsa pasar yang besar dan sangat menguntungkan jika dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siapa saja.

Perkembangan Penggunaan Instagram

Sejarah Instagram, Sosial Media Terpopuler di Dunia Saat Ini

Awal mulanya Instagram diperuntukkan untuk tujuan entertainment ataupun berbagi secara sederhana. Karena tujuan awalnya agar user dapat berbagai foto dengan caption tertentu sebagai informasi yang dapat menarik perhatian user lainnya untuk memberikan comment dan like.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu Instagram juga mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ditunjukkan dari fitur yang ada seperti file yang bisa dibagikan tidak hanya foto tetapi juga video. Terlebih Anda bisa membuat caption, tag orang lain, tag lokasi dan lainnya dengan mudah. Hal menarik lainnya adalah fitur story yang biasa dipakai untuk menceritakan kegiatan Anda kepada orang lain pada hari itu.

Sejarah Instagram menunjukkan bahwa aplikasi ini mengalami pergeseran dari fungsi pemakaiannya. Pada awalnya orang-orang hanya fokus pada berbagai foto serta video sebagai hiburan. Lambat laun mulai bermunculan akun-akun yang menjual produknya secara online di Instagram. Hal ini diikuti dengan banyaknya pasar online yang semakin meluas dan merambah ke platform sosial media. Kemudian, muncul lagi profesi tambahan seperti artis Instagram, influencer yang jasanya banyak dipakai untuk endorse produk atau kegiatan tertentu. Bahkan terdapat jasa tambah follower yang biasa dipakai untuk meningkatkan pamor akun Instagram tersebut.

Intinya, kegiatan sosial yang bisa dilakukan di Instagram berkembang luas. Jadi, dengan memakai aplikasi ini Anda bisa melakukan banyak hal dengan mudah.

Perkembangan Instagram diikuti dengan banyaknya user yang ada. Semakin banyak user aktif maka akan semakin banyak pula orang yang akan melihat sebuah konten foto atau video di Instagram tersebut. Hal ini kemudian menarik perhatian para pelaku bisnis menengah dan besar untuk melakukan kegiatan pemasaran secara digital dengan memakai platform sosial media.

Instagram menjadi bagian penting dalam digital marketing

Tentunya, marketing campaign yang dilakukan harus disesuaikan dengan target pasar yang diinginkan. Namun, kegiatan marketing saat ini sangat memperhatikan sosial media karena memiliki potensi yang besar.

Instagram telah menciptakan berbagai potensi bisnis baru. Jangan heran jika saat ini ada jasa penambah followers instagram

Fitur Unggulan Pada Instagram

Fitur Unggulan Instagram

Sejarah Instagram berawal dari berbagai foto kepada teman-teman sesama pengguna sosial media ini. Namun, pihak pengembang pasti melakukan berbagai perbaikan dan penambahan fitur agar user lebih nyaman memakainya. Sebagai salah satu sosial media terkemuka di dunia, tentunya Instagram memiliki banyak fitur unggulan, seperti:

Share Foto dan Video

Instagram merupakan sosmed yang digunakan untuk berbagi foto dan video. Hal dasar inilah yang membedakannya dengan sosial media lainnya. Berbagi foto ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu upload dari galeri smartphone serta pc atau dengan foto langsung. Namun, kualitas foto berpengaruh pada kualitas kamera smartphone Anda. Jadi, semakin canggih kameranya maka semakin baik pula fotonya.

Selain itu, Anda bisa menambahkan caption, tag friend, location dan lainnya dengan mudah. Inilah salah satu penyebab mengapa melakukan promosi tempat usaha atau spot wisata dan bermain sangat efektif di Instagram.

Jika Anda ingin hasil foto dan video lebih baik lagi, maka gunakanlah filter. Instagram sendiri memiliki berbagai efek serta filter yang bisa Anda pakai dengan bebas sehingga konten yang dibagikan menjadi lebih menarik. Sekarang terdapat lebih dari 15 filter yang tersedia pada Instagram. Semua fitur ini bisa Anda gunakan dengan mudah dan pastinya free.

Comment dan Like

Instagram juga menyediakan fitur agar setiap pengunjung bisa memberikan komentar serta like pada foto atau video yang Anda bagikan. Dua fitur ini merupakan bentuk langsung dari sosialisasi di dunia maya. Hal ini sangat penting bagi siapa saja karena Anda bisa mengetahui bagaimana respon mereka terhadap konten yang dibagikan.

Selain itu, Anda bisa mengatur bagian komentar dengan mudah di akun masing-masing. Jika diinginkan, Anda bisa menonaktifkan atau aktifkan komentar tersebut. Hal ini sering dipakai para tokoh publik untuk menghindari komentar negatif dan pemilik akunnya dengan aman dan nyaman menyebarkan foto dan video yang menghibur di akunnya masing-masing.
Insta Story

Fitur ini sangat populer dan hampir semua user Instagram memakai fitur ini. Fitur ini mirip dengan snapchat dimana video ataupun foto yang dibagikan dengan insta story akan hilang dalam waktu 24 jam. Namun, fitur ini dilengkapi dengan filter, layer, efek, stiker dan lainnya sehingga tampilan di insta story menjadi menarik.

Biasanya insta story digunakan untuk menceritakan kegiatan atau aktifitas pada hari itu. Lambat laun, pihak developer menambahkan fitur live video sehingga Anda bisa merekam dan membagikan kegiatan yang ada secara langsung kepada teman dan user lainnya.
Explore

Fitur lain dari Instagram adalah explore yang berfungsi layaknya tab pada aplikasi ini. Tab ini berisikan berbagai kategori seperti lifestyle, food, hobby dan lainnya. Jadi, dengan memilih tab ini Anda akan menemukan berbagai foto ataupun video yang termasuk ke dalam kategori tersebut.

Pada tahun 2015, fitur ini dibuat lebih akurat karena menampilkan lokasi dan tempat yang sedang hits di berbagai kota. Tahun berikutnya, ditambah lagi fitur videos you might like serta event yang isinya berupa informasi berbagai acara penting, olahraga, perlombaan, dan acara live lainnya.

Fitur ini sangat bermanfaat karena Anda bisa mencari hiburan ataupun informasi sesuai dengan kategori yang diinginkan.

IGTV

Pada tahun 2018, Instagram memberikan fitur tambahan berupa IGTV. Fitur ini diberikan karena banyak user yang ingin upload videonya dengan durasi lebih panjang. Biasanya, untuk postingan dan insta story hanya bisa memuat video beberapa menit saja. Jadi, jika video yang panjang harus dipotong beberapa bagian agar bisa diupload.

Hal ini tentu repot dan tidak efisien. Padahal di Instagram banyak sekali video yang tidak hanya menghibur tapi juga memberikan pesan moral yang baik bagi user. Oleh karena itu, dengan adanya IGTV sekarag setiap orang bisa upload video berdurasi panjang. Setidaknya video yang bisa diupload memiliki durasi 10 menit dengan ukuran data 650 MB. Namun, untuk user terverifikasi bisa upload video dengan durasi 60 menit serta ukuran file maksimal 5,4 GB. 

Fitur Instagram akan selalu bertambah mengikuti perkembangan tren yang ada. Setiap saat, ada saja fitur baru Instagram untuk memanjakan penggunanya. 

 

Kesimpulan 

Nah, itulah sejarah Instagram beserta perkembangan dan fitur yang ada di dalamnya. Aplikasi ini diperkirakan akan tetap eksis sampai beberapa dekade berikutnya. Selain itu, Instagram ini sangat bermanfaat bagi siapa saja. Karena jika digunakan dengan baik maka Anda bisa meraih banyak keuntungan dari aplikasi Instagram ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *