Sejarah Web Browser, Perkembangan dan Kegunaannya Sekarang

sejarah web browser

Sekarang siapa sih yang tidak kenal dengan internet dan web browser. Karena, dengan browser ini Anda bisa menjelajahi dunia maya untuk mencari informasi, hiburan dan berbagai hal lainnya dengan mudah. Merupakan Web Resource vital dalam aktivitas di internet.  Namun, apakah Anda tahu sejarah web browser tersebut?

Tentunya tidak semua orang mengetahui hal ini. Padahal, perkembangan web browser sangat panjang dan tidak terjadi begitu saja. Tentu saja cikal bakal browser adalah internet itu sendiri. Namun, jika ditarik lebih jauh lagi maka teknologi seperti telepon dan telegraf adalah bapak dari perkembangan web browser ini. Karena, tanpa adanya dua benda bersejarah tersebut maka manusia tidak akan kepikiran untuk mencari cara berkomunikasi lain yang lebih hemat, murah, cepat dan bisa melintasi batas benua.

Apa Itu Web Browser

Sebagai salah satu penemuan yang paling bersejarah dan berguna di dunia tentunya web browser memiliki definisi tersendiri. Nah, definisi dari web browser secara umum adalah sebuah aplikasi, program ataupun software yang digunakan untuk menjelajahi dan mencari informasi yang ada di internet.

Namun, pengertian browser web ini cukup beragam jika ditanyakan kepada beberapa orang. Contohnya saja:

  • Ali Zaki, web browser merupakan program yang digunakan untuk akses website dengan menggunakan sebuah komputer yang memiliki jaringan internet.
  • Smitdev Community, web browser merupakan kebalikan dari server dimana fungsinya sebagai media yang menampilkan halaman situs.
  • Wikipedia, merupakan aplikasi atau software yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil dan menyajikan berbagai informasi yang ada di internet.
  • Uhefizar, merupakan sebuah cara untuk menampilkan berbagai informasi di
    internet dalam bentuk teks, gambar, suara, ataupun video yang
    mempunyai berbagai kelebihan satu sama lain sehingga dapat menghubungkan antar dokumen dengan
    dokumen lainnya.
  • dll

Jika dilihat secara spesifik maka pengertian web browser dari setiap orang akan berbeda. Namun, inti dari web browser ini adalah media yang membantu Anda dalam mencari, mengumpulkan, menyajikan, dan menampilkan berbagai informasi yang ada di internet. Biasanya tampilan informasi tersebut dapat dilihat dalam sebuah situs atau website.

Web browser memiliki peran besar bagi manusia karena terdapat berbagai informasi yang berguna untuk berbagai bidang bidang pekerjaan dan kehidupan sehari-hari

Sejarah Web Browser

Browser

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pertama terjadi ketika munculnya telegraf dan telepon. Namun, dua benda ini memiliki batasan karena tidak bisa digunakan untuk komunikasi antar benua. Akan tetapi, semua berbeda ketika internet hadir. Karena dengan internet dan website yang banyak tersebar di dalamnya Anda bisa melakukan komunikasi dan akses berbagai informasi dengan mudah dan cepat.

Semua perkembangan tidaklah terjadi begitu saja. Karena terdapat beberapa pihak yang mempelopori hal ini sehingga sekarang Anda bisa menikmati web browser dengan nyaman.

Sejarah web browser tentu tidak lepas dari keberadaan internet. Sedangkan internet ini tidak lepas dari pengaruh telepon dan telegraf. Namun, fokus sejaran sekarang terdapat pada web browser. Siapa penemunya? Organisasi atau institusi apa saja yang menaungi proyek ini? dan beberapa hal lainnya.

Awal Mula Web Browser di Dunia

Sejarah Web Browser

Sejarah web broser dimulai pada tahun 1990-an yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. Pada waktu waktu itu dikenal istilah www (worldwideweb). Kemudian Berners merekrut Nicole Pellow sehingga web browser tersebut menjadi semakin sempurna. Pada tahun 1991, diluncurkanlah CERN yang merupakan web browser pertama di dunia.

Pada kala itu, web browser tidak hanya digunakan untuk melihat berbagai website namun juga bisa digunakan unutk membuat website sendiri. Tim Berners menamakan hal ini sebagai dunia internet yang interaktif. Dahulu CERN ini digunakan untuk para kalangan peneliti serta orang-orang teknik dan informatika untuk saling berinteraksi, berbagai ilmu pengetahuan dan ide. Intinya keberadaan CERN untuk kemajuan pengetahuan.

Namun, beberapa tahun kemudian muncul web browser lain seperti Mosaic pada tahun 1993, Netspace pada tahun 1994 dan Internet Explorer pada tahun 1995 oleh Microsoft. Pada tahun 1993-1995 dimulailah perang web browser dimana setiap developer berusaha memberikan pelayanan terbaik agar digunakan oleh banyak user di berbagai negara.

Pada tahun 1995, Internet Explorer menjadi yang paling populer dan puncak popularitasnya terjadi pada tahun 2002 dengan pangsa pasar sebesar 95%. Namun, hal ini tidak berlangsung lama ketika muncul Mozilla. Perkembangan Mozilla dimulai pada tahun 1998 ketika Netspace membuat browser yang lebih canggih. Hal inilah yang menjadi cikal bakal Mozilla. 

Namun, sebelum memakai nama Mozilla ternyata browser ini memakai Phoenix lalu menjadi firebird dan berakhir menjadi Firefox. Mozilla dirilis pada tahun 2004 dan cepat mengambil hati user diseluruh dunia. 

Pada akhirnya popularitas Internet Explorer semakin merosot dan perlahan ditinggalkan dan beralih ke browser lainnya seperti Mozilla Firefox, Safari (dirilis oleh Apple tahun 2003), Chrome (dirilis oleh Google pada tahun 2008) dan lainnya.

Perkembangan web browser diikuti dengan perkembangan teknologi yang ada sehingga penggunaannya menjadi lebih interaktif

Perkembangan browser juga diikuti dengan fitur yang semakin baik di dalamnya. Pada awalnya web browsere memiliki fungsi terbatas seperti hanya bisa melihat website dan membuat website sendiri. Berikutnya muncul web browser yang bisa digunakan untuk kegiatan interaktif. 

Hal ini bisa Anda lihat perkembangan web browser secara rinci. Contohnya saja:

  • Archie, pada tahun 1990. Fungsinya download daftar direktori dan menempatkannya pada alamat FTP sebagai filename databese yang bisa dicari.
  • Gopher, pada tahun 1991. Fungsinya mengindeks dokumen dan website
  • Veronica, terdapat fitur pencarian dengan kata kunci
  • Jughead, mendapatkan berbagai menu informasi dari Gopher server
  • Mosaic, web browser berbasis grafik sehingga penampilannya lebih baik

Setelah itu, muncullah berbagai web browser yang lebih canggih sehingga browser lainnya ditinggalkan. Hal ini diikuti dengan munculnya web 2.0 sehingga browser menjadi lebih canggih karena bisa menampilkan berbagai situs seperti YouTube, Wikipedia, blog dan website lain dengan tampilan yang lebih baik daripada beberapa dekade lalu. Sekarang bahkan terdapat online shoping, perbankan online dan berbagai jenis website dengan fungsi yang beragam pula.

Web browser sekarang semakin berkembang dengan adanya smartphone. Berbagai developer membuat web browser untuk perangkat tersebut lengkap dengan fitur dan kelebihan yang ada. Hal ini dilakukan untuk menarik minat para user. Karena, lambat laun pengguna web browser di smartphone akan jauh lebih besar daripada pengguna pc.

Selain itu, harga smartphone relatif lebih murah, mudah dibawa serta bisa langsung digunakan untuk browsing. Berbeda dengan pc atau laptop yang harus memakai perangkat tambahan agar dapat browsing di internet. Oleh karena itu, pengembangan web browser di smartphone akan semakin cepat.

Berbagai Fungsi Web Browser

Sejarah web browser menunjukkan bahwa fungsinya berubah-ubah dari waktu ke waktu. Namun, secara umum fungsi web browser antara lain:

Menjamin Keamanan Situs 

Fungsi lainnya dari web browser adalah halaman situs yang dibuka aman dari virus dan malware yang dapat merusak perangkat Anda. Proses ini biasanya ditunjukkan dengan adanya verifikasi atau authentication ketika membuka sebuah website.

Membuka Halaman Situs

Fungsi utama web browser adalah membuka halaman situs. Dengan input domain sebuah website maka situs tersebut akan terpampang di layar monitor Anda. Web browser sekarang cukup canggih sehingga tampilan website yang ada akan semakin baik. 

Mendukung Search Engine

Fungsi lainnya adalah mendukung search engine seperti Google, Bing, YouTube dan lainnya.  Keberadaan mesin pencari ini akan membantu Anda mencari referensi halaman situs sesuai dengan kata kunci yang diinput.

Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengetikkan nama domain situs. Terlebih dengan memakai search engine, Anda bisa menemukan website terpopuler berdasarkan kata kunci yang ada. Hal ini diterapkan hampir pada semua mesin pencari.

Baca juga: Sejarah Instagram, Sosial Media Terpopuler di Dunia Saat Ini

Memaksimalkan Tampilan Situs

Web browser akan mendukung permintaan data dari Anda dan mengumpulkan data yang dicari. Semua ini akan terpampang pada web browser tersebut. Selain itu, ternyata browser ini juga akan menampilkan halaman website dengan maksimal.

Jadi, setiap desain, efek, teks, video ataupun audio akan terpampang dengan maksimal. Hal ini tentu menyenangkan sehingga user akan betah browsing di internet.

Sementara jika Anda memiliki website dan ingin tampil di web browser melalui mesin pencari, maka situs Anda perlu di optimasi. Dan secara umum itu dikenal dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).  

Web Browser Terpopuler Di Dunia

Sejarah web browser pada akhirnya menghadirkan berbagai browser yang lebih canggih dari sebelumnya. Hal ini sangat baik karena kemajuan teknologi akan membuat kerja manusia menjadi lebih mudah. Berikut beberapa browser yang paling populer di dunia, yaitu:

1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox

Pada tahun 2004 muncullah Mozilla yang merupakan browser buatan Blake Ross. Pada tahun itu, Blake masih berusia 19 tahun. Browser ini kemudian dipadukan dengan Firefox ciptaan Dave Hyatt sehingga nama browsernya berubah menjadi Mozilla Firefox.

Keberadaan software browser ini naik daun dalam waktu yang cepat karena digunakan hampir di seluruh bagian dunia. Mengapa? Karena kecepatannya dalam menampilkan pencarian ataupun website lebih cepat daripada Internet Explorer pada tahun itu.

Ketenaran browser ini menjadi lebih baik ketika Mozilla Firefox dibuat menjadi “open source”. Maksudnya, kode sumber pada sebuah software terpampang secara bebas dan orang-orang dapat memodifikasi hal ini dengan mudah. Open source ini juga menjadi petunjuk bahwa seseorang akan ditempatkan pada posisi tertentu bergantung kepada keahliannya. Dan, hal ini terdapat pada diri Blake Ross sehingga ia sering disebut sebagai jenius dalam menciptakan web browser.

Kelebihan:

  • Paling populer bagi user di berbagai belahan dunia
  • Keamanan browser cukup baik dan ampuh menghalangi situs-situs berbahaya
  • Add-ons yang tersedia sangat banyak dan bisa diperoleh secara gratis
  • Mudah melakukan integrasi dengan software lainnya
  • Aplikasi memiliki ukuran yang relatif kecil dan mudah digunakan

Kelemahan:

  • Programnya sedikit lelet ketika baru diaktifkan
  • Terkadang loading page sebuah website terasa lambat, hal ini dikarenakan website dengan Mozilla kuran kompatibel
  • Jumlah hacker untuk browser ini cukup banyak, jadi Anda harus memakai antivirus atau add-ons tambahan untuk memperkuat keamanan browser tersebut

2. Opera

sejarah internet

Selain Mozilla terdapat browser lainnya yang cukup terkenal yaitu Opera. Browser ini terkenal untuk penggunaan handphone di Indonesia sebelum adanya smartphone. Jadi, hp model lama (ketika Nokia masih berkuasa) kebanyakan memakai Opera untuk searching dan browsing. 

Produk Opera merupakan proyek penelitian dari perusahaan telekomunikasi bernama Telenor yang berasal di Norwegia pada tahun 1995. Browser ini cukup laris karena digunakan dan diintegrasikan dengan berbagai perangkat terutama handphone. Selain itu, browser ini juga digunakan untuk perangkat game seperti Nintendo DS dan Nintendo Wii sebagai channel internet.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan, diinstal karena ukurannya sangat kecil dan ringan
  • Memiliki pilihan Bahasa Indonesia
  • Kecepatan loading page relatif cepat
  • Bisa chatting langsung via IRC yang sudah terintegrasikan dari awal
  • Memiliki dua pilihan skin yang mirip Mozilla ataupun Internet Explorer

Kelemahan:

  • Tidak bisa menghilangkan berbagai visual efek pada website
  • Tidak bisa copy link pada website yang dituju
  • Daftar bookmark tidak bisa ditampilkan dengan cepat
  • Tidak bisa menambah atau mengubah mesin pencari yang ada

3. Safari

safari

Apple juga memiliki web browser sendiri yang dinamakan safari. Penggunaannya juga dikhususkan pada perangkat Apple seperti iPhone, iMac dan lainnya. Browser ini diterbitkan pada tahun 2003 khusus untuk Max OS X. Lambat laun, browser ini dapat digunakan untuk berbagai OS baik untuk Windows dan Mac. Pada akhirnya Safari menjadi salah satu web browser terpopuler dengan pangsa pasar mencapai 8,72%. 

Kelebihan:

  • Memecah tab menjadi window ataupun sebaliknya dapat dilakukan dengan mudah
  • Fitur Snapback
  • Terdapat fitur Cover Flow sehingga tampilan bookmark serta history terlihat lebih nyaman

Kelemahan:

  • Bagi pengguna awal Safari akan merasa aneh menggunakannya terutama untuk OS Windows
  • Fitur restore tidak tersedia jika terjadi crash 
  • Terdapat bug yang memiliki potensi bagi hacker untuk menyusup ke perangkat Anda

4. Internet Explorer

Sejarah web browser

Sejara web browser tentu tidak lupa akan Internet Explorer (IE) yang merupakan produk dari Microsoft. Web browser ini sangat populer pada tahun 1995 sampai pada tahun 2002. Pangsa pasar browser mencapai 95% sehingga IE menjadi raja browser pada masa itu. Pada waktu itu, IE memiliki fitur yang sangat baik seperti memberikan penampilan tabel dasar, nama domain, bahkan memakai karakter non latin dengan mudah.

Kelebihan:

  • Add ons tersedia dan mudah digunakan
  • Tampilan yang menarik, elegan dan nyaman dipandang
  • Browser standar bagi pengguna windows
  • Web browser ini sangat stabil sehingga menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang suka kelancaran dan kestabilan

Kelemahan:

  • Loading page cukup lama ketika awal membuka browser dan ketika membuka tab baru
  • Terdapat banyak bug
  • Jika dibandingkan dengan browser lainnya, maka IE tergolong sangat lambat
  • Add-ons sedikit

5. Google Chrome

Google Chrome

Google juga mengeluarkan Chrome sebagai web browser dengan Google sebagai search engine default-nya. Browser ini sangat baik karena mudah diperoleh, mudah digunakan, kecepatan loading page sangat baik dan bisa menjalankan berbagai aplikasi web yang rumit.

Chrome merupakan produk buatan Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 2008. Software ini mengalami perkembangan yang pesat karena sangat ringan sehingga banyak digunakan user di seluruh dunia. Pada tahun 2012, Chrome memiliki pangsa pasar mencapai 28% dari total user di seluruh dunia.

Kelebihan:

  • Ringan, loading page cepat dan mudah digunakan
  • Spesifikasi pc yang dibutuhkan cukup kecil sehingga bisa digunakan hampir pada semua jenis pc
  • Tampilan sederhana dan luas sehingga terlihat lapang

Kelemahan:

  • Terdapat beberapa hal yang janggal jika Anda install dalam versi Bahasa Indonesi seperti arti menu yang aneh dan lainnya
  • Terkadang kecepatan loadingnya tidak stabil
  • Banyak user kurang tertarik memakainya karena terlanjur nyaman memakai browser lain (ex: Mozilla Firefox, Opera, dll)

Kesimpulan

Nah, itulah sejarah web browser sampai kepada browser-browser paling populer di dunia. Karena dengan mengetahui hal tersebut Anda bisa mengenal web browser dengan lebih baik sekaligus memilih browser yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Mungkin Anda juga tertarik dengan sejarah unik lainnya, baca juga:

https://www.cedeao.org/2020/10/sejarah-judi-indonesia-pelegalan.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *